Mitra Peternak Indonesia

mitra peternak indonesiaKami bergerak dalam bidang peternakan, dan kami sangat concern pada pengembangan dunia peternakan/perikanan dengan membangun solusi untuk menjawab permasalahan pakan yang selama ini menjadi bayang-bayang dua sisi profit dan rugi dari sebuah usaha.

Permasalahan ini dirasakan langsung oleh kami dan rekan-rekan, banyak cara/jalan alternatif yang telah dilakukan namun tidak semuanya berjalan maksimal. Ada motivasi yang kuat pada kami untuk memutuskan dan melakukan observasi untuk menjawab permasalahan ini.

Dari sekian banyak observasi yang dilakukan, langkah kami terfokuskan pada budiaya Maggot BSF yang telah terbukti baik dalam analisa laboratorium maupun aplikasi lapangan. Observasi dan budidaya Maggot BSF adalah pekerjaan yang “menyedot” energi kami saat ini.

Selama tidak kurang dari 8 bulan kami melakukan observasi budidaya maggot ini untuk mendapatkan pola dan teknis paling efisien yang harus dapat dilakukan dengan mudah dan dengan biaya murah, orientasi kami adalah budidaya ini harus dapat dilakukan oleh seluruh peternak, terutama para peternak tradisional.
8 bulan terlewati dengan membukukan sejumlah hasil observasi, kami mencatat setiap langkah, setiap kegagalan dan keberhasilan dari apa yang kami lakukan menjadi sebuah catatan penting pola teknis budidaya.

8 bulan kemudian kami mengembangkan skala budidaya menjadi skala menengah dengan target menjadi row model dan inspirasi bagi seluruh peternak. Disini kami tidak hanya sekedar melakukan budidaya, akan tetapi kami membangun konsep baru sebuah peternakan.

Sistem Peternakan Terpadu (Integrated Farming System) & Pengolahan Limbah Terpadu (Integrated Waste Management System) antara peternakan utama, budidaya maggot, dan pengolahan limbah mengadi kegiatan yang terintegrasi dalam satu lokasi. Kami bermimpi seluruh peternak dapat mengaplikasikan konsep seperti ini. Konsep ini tidak hanya akan mendatangkan dampak positif bagi pelaku peternakan itu sendiri, tetapi membawa dampak luar biasa pada lingkungan hidup dimana budidaya maggot ini secara langsung akan menyerap limbah organik yang hari ini menjadi masalah di setiap daerah.

 

Koloni Maggot BSF Indonesia

koloni maggot bsf indonesiaKoloni Maggot BSF Indonesia adalah komunitas pembudidaya Maggot BSF yang saat ini 80% anggotanya adalah para peternak/user dari Maggot BSF yang dihasilkan. Sisanya adalah pelaku yang menangkap ini sebagai peluang usaha dan para pelaku yang terkait dengan masalah lingkungan hidup.

Koloni Maggot BSF Indonesia adalah komunitas yang kami arahkan menjadi pelaku serius, dan kami memberikan arahan serta bimbingan total kepada seluruh anggota. Kami berkomunikasi secara langsung melalui pelatihan di lokasi kami, serta group media sosial termasuk 2 group fb yang terdiri dari ruang publik dan ruang pelatihan khusus.

Kami berharap keberadaan kami akan dapat memberikan kontribusi yang mendukung dalam peningkatan dunia peternakan, pertanian, dan lingkungan hidup di dunia khususnya di Indonesia.

Mitra peternak Indonesia mempunyai visi dan misi selain untuk melakukan kegiatan usaha, juga ingin ikut serta berperan dalam hal peningkatan mutu dunia peternakan secara luas, dengan jalan pembuatan pakan ternak alternative yang berkualitas, sustainable organic feed salah satu tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan pakan ternak yang berkualitas dengan harga yang murah.

 

(Mitra Peternak Indonesia)