Tepung Maggot Black Soldier Fly

Ada 2 cara pemberian Maggot black soldier fly / Maggot BSF ini kepada hewan ternak, Maggot dapat diberikan dalam bentuk fresh, atau diberikan melalui pengolahan terlebih dahulu. Pemberian dalam bentuk fresh telah terbukti oleh banyak peternak sangat baik, baik itu diberikan untuk ternak unggas maupun ternak ikan seperti ikan lele.

Pemberian Maggot BSF dalam bentuk olahan yaitu tepung adalah langkah yang lebih baik lagi dan memberikan banyak keuntungan daripada diberikan dalam bentuk fresh kepada ternak kita. keuntungan pertama adalah dalam hal penyetokan bahan, penyimpanan tepung Maggot tentu akan lebih mudah dan dapat bertahan lama jika dibandingkan dengan menyimpan maggot hidup, selain itu apabila proses penepungan melalui langkah fermentasi, kandungan nutrisi dari Maggot BSF ini akan meningkat tajam dan tentu akan lebih mempercepat pertumbuhan dari hewan ternak.

Pakan hasil fermentasi mempunyai keunggulan yang lebih, dikarenakan proses fermentsi akan memecah pakan menjadi molekul yang lebih sederhana dan halus, sehingga penyerapan oleh usus akan lebih cepat, hal ini akan meningkatkan laju pertumbuhan dari hewan ternak kita.

Tepung maggot ini selanjutnya dapat menjadi salah satu unsur penyusun ransum pakan yang lengkap dicampur dengan bahan-bahan lain sesuai nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak, dan dapat diproses dalam bentuk pellet untuk pakan ternak.

Tidak dipungkiri lagi jika Maggot BSF dapat memberikan banyak keuntungan bagi para peternak, disamping itu penyerapan kebutuhan akan sampah organic sebagai makanan maggot pada masa pengembang biakannya memberikan keuntungan lebih bagi lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Jadi maggot black soldier fly ini menawarkan solusi untuk menekan biaya pakan, menekan kuantitas sampah organic di lingkungan, sekaligus menjadi sumber protein tinggi bagi ternak. Satu langkah yang akan mendatangkan banyak manfaat, maggot black soldier fly adalah berkah yang belum banyak diketahui banyak orang.

 

Fresh Maggot Bsf Untuk Ternak

Pemberian maggot black soldier fly dalam bentuk fresh pada hewan ternak terbukti meningkatkan produktifitas peternak, pertumbuhan ternak akan lebih cepat, dan otomatis masa produksi akan lebih singkat.

Maggot BSF yang sebaiknya digunakan sebagai pakan fresh ternak dapat adalah pada fase prepupa dan pupa nya, dimana pada kedua fase inilah kandungan proteinnya berkadar 40-45%. pada ikan umumnya akan lebih menyukai maggot pada fase larva dewasa, biasanya yang berumur 12 hari, warna nya masih kuning dan tekstur kulitnya masih lembut.

 

 

(Mitra Peternak Indonesia)