Skala budidaya maggot bsf

 

Maggot Bsf dapat dibudidayakan dalam berbagai skala, dimana masing-masing skala secara prinsip memiliki kegiatan utama yang sama baik kegiatan budiday bsf (lalat) maupun budidaya maggotnya. Yang membedakan antara skala kegiatan tersebut diantaranya adalah media yang dibutuhkan, ukuran, beberapa alat dan perlengkapan pendukung kegiatan, dan tentu saja hasil yang didapat.

  1. Skala rumahan

Manfaatkan ruang halaman rumah atau bahkan sebagaian ruang garasi rekan-rekan bila itu memungkinkan untuk melakukan budidaya bsf ini, kami telah mengembangkan beberapa media yang baik yang bisa diaplikasikan secara vertikal untuk menjawab permasalahan keterbatasan lahan yang biasanya ditemui pada skala rumahan ini.

Kegiatan pada skala ini bisa bersifat hobby atau memang bertujuan untuk produksi dalam kapasitas yang tentu terbatas. Budidaya maggot bsf pada skala ini dapat dilakukan secara lengkap dengan budidaya bsf (lalat) nya. Sehingga walaupun dilakukan dalam skala kecil, sustainability / kelangsungan dari sumber bibit maggot nya dapat kita jaga dan ini akan menjadi kegiatan utuh yang dapat dikembangkan dalam skala yang lebih besar.

Budidaya maggot bsf dalam skala rumahan ini dapat mencukupi kebutuhan binatang/hewan peliharaan yang ada di rumah seperti burung berkicau, ayam, atau bahkan ikan. Bila dilakukan ini akan menjadi kegiatan yang baik, dimana kebiatan ini juga akan menjadi sarana kegiatan penyerapan limbah organik rumah yang pada umumnya dibuang.

  1. Skala menengah

Dalam budidaya skala menengah secara prinsip sama dengan kegiatan budidaya skala rumahan, hal membedakan adalah pada media dan peralatan yang digunakan pada budidaya maggot bsf nya. Biopond yang dibutuhkan berukuran lebih besar dibanding skala rumahan, kandang budidaya bsf (lalat) secara prinsip sama, hanya ukuran saja yang membedakan.

Rekan-rekan dapat loncat untuk memulai kegaitan budidaya ini langsung pada skala menengah, kegaitan ini dapat mensuplai hewan peliharaan dalam kapasitas atau skala peternakan. Aplikasikan budidaya maggot bsf ini untuk menjawab permasalahan mahalnya harga pakan yang sampai saat ini menjadi kendala dunia peternakan.

Maggot bsf akan menjadi sumber pakan alternatife bagi ternak anda, dan bila dilakukan ini akan menjadi sebuah konsep baru dan merubah wajah dunia peternakan yang ada sekarang ini.

  1. Skala industri

Skala budidaya ini lebih bersifat komersil, dapat bertujuan untuk produksi pakan dalam bentuk olahan. Maggot bsf yang dihasilkan adalah sumber protein yang dibutuhkan dalam pembuatan pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Bila anda mempunya peternakan yang besar dan bersifat industry, skala budidaya maggot ini adalah pilihan yang tepat, barometernya tentu saja adalah skala kebutuhan yang ada sehingga bila dilakukan penghematan akan diraih dan akan dirasakan sangat signifikan.

Dalam skala ini pun secara prinsip kegiatan budidaya maggot bsf adalah sama, yang membedakan secara prinsip adalah skala peralatan pendukung yang dibutuhkan. Mesin cruher besar, bahkan conveyor dapat dipastikan harus ada untuk mendukung kegitaan budidaya maggot bsf dalam skala ini.

Setelah rekan-rekan memahami setiap langkah dan tatacara yang diperlukan dalam budiaya maggot bsf ini, menentukan skala kegiatan yang akan diambil adalah penting dan disesuaikan dengan maksud/tujuan serta kebutuhan yang ada.

 

(Mitra Peternak Indonesia)